Bahan Plafon Gypsum

Bahan Plafon Gypsum, Saat ini bagi Anda yang ingin membangun rumah sebagai tempat tinggal untuk diri sendiri atau pun keluarga tercinta sudah tersedia berbagai alternatif bahan yang dapat dipilih sesuai selera. Misalnya untuk bagian langit-langit rumah tersedia beberapa bahan pilihan yaitu asbes, triplek, fiber, atau Gypsum. Dari berbagai bahan pembuat plafon tersebut. Plafon gypsum banyak menjadi pilihan karena mempunyai beberapa kelebihan. Tetapi sebelum mengulas tentang keunggulan gypsum jika dibandingkan dengan bahan plafon yang lain sebaiknya kita mengenal lebih dekat tentang bahan tersebut.

06-contoh-desain-gypsum-sologypsum
Bahan plafon gypsum

Gypsum sebenarnya adalah bahan mineral yang dapat diperoleh dari batuan sedimen yang telah digunakan untuk berbagai keperluan bangunan sejak bertahun-tahun yang lalu. Pada hunian-hunian modern bahan mineral ini khususnya diaplikasikan pada bagian dinding dan plafon gypsum. Bahan gypsum yang diterapkan untuk bagian langit-langit rumah tentu berbeda dengan yang digunakan untuk dinding atau partisi dinding. Gypsum untuk plafon biasa disebut dengan plafon gantung dan dengan ukuran yang lebih kecil.

Ukuran gypsum yang dimanfaatkan untuk dinding adalah 1.2 m X 2.4 m, 1,2 m X 3.6 m, dan 1.2 m X 4.8 m. Papan gypsum ini disebut dengan papan drywall dengan beberapa pilihan ukuran tebal mulai dari ¼ inch hingga 5/8 inch. Para desainer rumah atau kontraktor sering menggunakan bahan ini pada bagian tungku atau garasi sebagai pengaman karena bahan gypsum tak mudah terbakar.

Untuk pemasangan plafon gypsum pada umumnya digantungkan pada bagian langit-langit bangunan atau pada kisi-kisinya dengan pengikat kawat. Selain dimanfaatkan sebagai plafon rumah, bahan ini juga sering digunakan pada kantor, apartemen, gudang, dan lain sebagainya. Selain berfungsi untuk menutup langit-langit bangunan, bagian plafon juga dapat memberikan unsur estetika sehingga hunian Anda akan terlihat lebih cantik dan indah. Anda dapat memilih desain plafon yang saat ini tengah menjadi trend bagi hunian Anda. Sesuaikan bentuk plafon dengan keseluruhan konsep rancangan rumah agar tercipta kesatuan pada bangunan rumah Anda.

Keunggulan bahan gypsum pada plafon adalah tak mudah terbakar sehingga menjamin keamanan hunian Anda. Selain itu bila terjadi kerusakan juga mudah dilakukan pergantian. Harga bahan ini tergolong ekonomis dan Anda bisa memilih aneka bentuk dan warna yang cantik untuk rumah Anda. Bahan mineral ini juga mampu menyerap panas sehingga udara di dalam rumah akan terasa lebih nyaman terutama bila Anda bertempat tinggal di wilayah perkotaan. Manfaat lain dari gypsum adalah mampu menahan rembesan air bila terjadi kebocoran pada genting karena sifatnya yang menyerap air. Tetapi permasalahan tersebut tentu harus segera diatasi agar kelembaban tak menyebar sehingga plafon menjadi lapuk.

Agar plafon gypsum pada rumah Anda lebih tahan lama, perlu beberapa pertimbangan dalam memilih bahan gypsum. Yang pertama pilihlah jenis gypsum yang berkualitas atau terbuat dari bahan yang awet agar tak mudah merapuh bila terkena rembesan air. Bila tidak noda pada plafon yang diakibatkan oleh jamur karena lembab tentu akan membuat tampilan rumah Anda menjadi kurang sempurna.

Tips yang kedua adalah, memilih jenis plafon gypsum yang ringan sehingga saat pemasangan langit-langit tak mengeluarkan tenaga terlalu banyak. Untuk mempercantik ruangan-ruangan di dalam rumah, Anda bisa memilih desain langit-langit dengan beragam motif, model, atau warna yang senada dengan pilihan warna dominan rumah Anda. Nah, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *